Penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan sebagai Langkah Awal Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

  • Nurhayati Nurhayati Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia
  • Nurlina Akbar Prodi Kebidanan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Linda Hardianti saputri Prodi Kebidanan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan, anak

Abstract

PHBS merupakan kependekan dari Pola Hidup Bersih dan Sehat. Sedangkan pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. . Materi penyuluhan yang disampaikan tentang PHBS dan cara mencucui tangan pada siswa dan siswi SD dan SMP. Kegiatan ini dilakukan di Sekolah Dasar  Negeri Parang di Kelurahan Lanna dengan metode ceramah, diskusi dan simulasi. Hasil kegiatan ini adalah para siswa siswi memahami tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan cara mencuci tangan yang baik dan benar, dimana siswa siswi mampu menjawab pertanyaan yang diberikan setelah dilakukan penyuluhan kesehatan dan mampu mempraktikkan kembali secara mandiri cara mencuci tangan yang baik dan benar. Selain itu, siswa siswi mengikuti kegiatan dengan antusias sehingga menjadi awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.

Published
2020-03-08
How to Cite
[1]
Nurhayati, N., Akbar, N. and saputri, L.H. 2020. Penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan sebagai Langkah Awal Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Window of Community Dedication Journal. (Mar. 2020), 1-5. DOI:https://doi.org/10.33096/wocd.vi.35.
Section
Articles