Hubungan Perilaku Merokok dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMK

  • Wiwin Ferdita Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Khidri Alwi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Akbar Asfar Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: merokok, perilaku, prestasi, siswa

Abstract

Perilaku merokok merupakan perilaku yang membakar salah satu produk tembakau yang dimaksudkan untuk dibakar, dihisap dan/atau dihirup termasuk rokok kretek, rokok putih, cerutu atau bentuk lainnya yang dihasilkan dari tanaman nicotina tabacum, nicotina rustica dan spesies lainnya atau sintetisnya yang asapnya mengandung nikotin dan tar, dengan atau tanpa bahan tambahan. Prestasi belajar merupakan hasil kegiatan belajar, yaitu sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang diajarkan, yang diikuti oleh munculnya perasaan puas bahwa ia telah melakukan sesuatu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku merokok dengan prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 4 Kota Bima. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional kuantitatif non-eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 49. Analisa data yang digunakan adalah analisa bivariate, uji chi-square dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku merokok ringan yang prestasi belajar baik sebanyak 58,3%, perilaku merokok ringan yang kondisi prestasi belajar kurang baik sebanyak 41,7%, sedangkan perilaku merokok berat dengan prestasi belajar baik sebanyak 27,0%, perilaku merokok berat yang prestasi belajar kurang baik sebanyak 73,0%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan pelecehan seksual dengan kondisi psikologis dengan nilai p-value 0,048. Saran : Keluarga diharapkan terus menjaga keharmonisan dalam keluarga agar dapat meminimalisirkan kejadian perilaku merokok, selain itu diharapkan masyarakat juga bisa memberikan dukungan pada keluarga yang mengalami  perilaku merokok dan diharapkan institusi pendidikan dapat terus memberikan program-program khusus seperti penyuluhan bahayanya merokok yang mendukung agar permasalahan perilaku merokok yang ada dapat di minimalisirkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Published
2021-02-09
How to Cite
Ferdita, W., Alwi, M. K., & Asfar, A. (2021). Hubungan Perilaku Merokok dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMK. Window of Nursing Journal, 1(2), 143 - 151. https://doi.org/10.33096/won.v1i2.358
Section
Articles